Disimpan Lebih dari 3 Hari, Khasiat Tempe Berkurang

Sabtu, 24 Januari 2015 - 14:16 WIB
Disimpan Lebih dari...
Disimpan Lebih dari 3 Hari, Khasiat Tempe Berkurang
A A A
JAKARTA - Agar kandungan nutrisi gizi tempe bisa dioptimalkan saat dikonsumsi, ada baiknya bahan makanan ini jangan terlalu menyimpan tempe terlalu lama. Lantaran jika tempe yang disimpan terlalu lama, maka khasiatnya akan berkurang.

Head Of Food Science and Technology Department Universitas Bakrie Ardiansyah, Ph.d mengatakan jika tempe yang disimpan selama 3 hari akan mengurangi kandungan nutrisinya.

"Maksimal 2-3 hari karena kalau lebih kan itu kan benda hidup disimpan kulkas sedikit menghambat fermentasi tempe dan kerusakannya terjadi," ujar Ardiansyah saat ditemui Sindonews, di Jakarta Rabu (21/1/2015)

Menurut Ardiansyah, tekstus tempe akan berubah jika dia mengalami pengeringan sehingga nutrisi di dalamnya pun bakal menurun bahkan hilang sama sekali. "Otomatis barang disimpan akan terjadi pengerutan keluar," ujar dia.

Dia juga mengatakan, tempe yang sudah lembek dan berlendir itu tidak layak konsumsi dan berbahaya bagi konsumen. Hal itu dikarenakan tempe telah terkontaminasi mikroba jahat.

"Kalau lembek-lembek itu tempenya pasti sudah lama. Kalau tempe itu sudah lembek, berlendir, warna berubah sedikt kekuning-kuningan, maka tempe itu nggak layak dimakan," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)